Kamis, 10 Desember 2009

Mengenal Lovebird 'Si Burung Cinta Dari Afrika'

Lovebird berasal dari Afrika. Ukuranya sekitar 12-15 cm, sedikit lebih besar dari parkit. Kenapa dinamakan lovebird? Itu karena bila disatukan dalam satu kandang, maka keduanya akan saling berdekatan dan lengkeeeettt terus. Bahkan bisa antar sesama lovebird jantan maupun betina.

Varietas
Varietas lovebird bermacam-macam, antara lain : pastel, biru langit, biru muka hitam, biru langit, lutino, hijau muka hitam, hijau fischer dll. Selain bulunya indah, burung ini juga memiliki suara kicau merdu dan sering kali dilombakan. Biasanya yang memiliki kicauan bagus dan sering juara lomba adalah lovebird warna hijau fischer dan biru kepala hitam.

Makanan & Minuman
Makanannya campuran millet putih, millet merah, canary seed, dan sedikit biji bunga matahari. Sebenarnya makanan favorit 'Si burung cinta' ini adalah biji bunga matahari. Tapi karena kandungan lemaknya tinggi sehingga dapat membuat burung kegemukan, maka sebaiknya pemberian biji bunga matahari dibatasi 7-10 biji saja per hari. tempat makan love bird setiap hari harus dibersihkan dari sisa-sisa kulit biji yang dimakannya, dapat dilakukan dengan ditiup. Sebaiknya lovebird juga diberi ekstrafooding berupa kangkung dan jagung muda setiap hari. Kangkung dan jagung muda sangat penting terutama bagi yang sedang merawat anaknya. Ekstra fooding dapat ditambah dengan tulang sotong. Pemberian vitamin yang dicampur minuman juga diperlukan. Minuman sebaiknya diganti setiap hari untuk menghindari penyakit.

Kandang
Untuk kandang ternak, bisa berukuran sedang. Cukup 75 x 60 x 60 cm. Tidak seperti jenis2 burung kicauan lain yang butuh kandang besar. Yang penting kandang terbuat dari kawat ram karena lovebird memiliki paruh yang kuat dan tajam, sehingga dapat dengan mudah memotong jeruji kandang bila hanya terbuat dari bambu. Perlengkapan kandangnya cukup dengan kotak sarang seperti kotak sarang parkit, tetapi dengan ukuran yang sedikit lebih besar.
Untuk kandang pemeliharaan tunggal bagi lovebird yang dipelihara untuk didengar keindahan kicaunya. Dapat memakai sangkar khusus lovebird yang banyak dijual di pasaran.

Kelebihan lovebird dibanding burung kicauan yang lain :

1. harga relatif murah
2. umur panjang dapat mencapai 15 tahun
3. ekstra fooding hanya berupa jagung muda dan kangkung sehingga murah, tidak seperti burung kicauan lain yang membutuhkan cacing, jangkrik, dan kroto yang harganya relatif lebih mahal
4. tahan penyakit sehingga cocok untuk hobis burung pemula
5. relatif mudah untuk diternak
6. tidak membutuhkan kandang yang luas untuk berkembangbiak, bahkan kandang dapat dibuat sistem susun sehingga hemat tempat

1 komentar:

  1. Dijual lovebird anakan dan dewasa siap Tanding..

    Hub.

    Tangguh - Surabaya

    081357900097

    BalasHapus